Cara Mengatasi Rufus ISO File Extract Error

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Cara Mengatasi Rufus ISO File Extract Error

Cara Mengatasi Rufus ISO File Extract Error - Rufus adalah software untuk membuat package installer baik itu Windows maupun Linux pada bootable USB flash dirve. Namun di beberapa kasus rufus tidak bisa digunakan dan muncul pesan error "Error RUFUS: ISO image extraction failure".

{tocify} $title={Table of Contents}

Mengapa muncul pesan error tersebut? Dalam pesan error diketahui beberapa kemungkinan yang membuat USB flash drive kamu tidak bisa digunakan membuat bootable Operating Sistem (OS) Windows maupun OS lainnya.

Jika kamu tidak tahu membuat bootable dengan menggunakan rufus simak pada ulasan sebelumnya mengenai Cara membuat bootable flashdisk dengan menggunakan rufus.


Muncul pesan error Rufus?

Saat membuat bootable ISO installer dengan menggunakan rufus ada yang berjalan dengan baik namun ada juga yang berjalan error dengan pesan "ISO image extraction failure". jika berjalan baik sudah pasti kamu sudah bisa langsung install ke laptop kamu.

Jika terdapat pesan error, sebaiknya kamu coba cek laptop atau USB flash drive kamu.


Mengatasi Rufus ISO File Extract Error dengan 2 Pengecekan

Pesan error memberhentikan proses membuat package installer ISO lewat rufus pesan error ISO image extraction failure terjadi di sebabkan antivirus pada perangkat laptopmu aktif atau format USB flash drive mu tidak sesuai.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menonkatifkan antivirus laptopmu, bisa hanya pada saat proses membuat bootable installer sementara di non aktifkan.

Langkah kedua bila langkah pertama belum berhasil, kamu cek juga format USB flash drive kamu. Format yang dibutuhkan untuk package installer rufus yakni NTFS bukan fat32, pastikan USB flash drivemu NTFS, karena format fat32 tidak bisa berjalan, bila USB flash drive kamu fat32 sebaiknya langsung ganti ke yang NTFS.

Untuk mengecek format USB flash drive kamu, kamu bisa buka windows explorer - computer management - storage disk management (disana akan terlihat kapasitas dan format USB flash drive kamu).


Kegunaan Rufus pada format USB flash drive

Rufus USB flash drive digunakan untuk keperluan-keperluan kondisi seperti:

  • Kamu membuat media installasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dan lain-lain)
  • Kamu melakukan pekerjaan pada sistem yang tidak memiliki OS diinstall (atau kosongan pabrik)
  • Kamu perlu flash BIOS atau firmware lainnya dari DO
  • Kamu ingin menjalankan utilitas tingkat rendah


Demikian ulasan singkat Cara Mengatasi Rufus ISO File Extract Error. Ada penanganan lain selain yang saya sampaikan? Kamu bisa informasikan di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Baca juga: