Setneg Umumkan Logo 76 Tahun Indonesia Merdeka

Baca juga:
Setneg Umumkan Logo 76 Tahun Indonesia Merdeka

Setneg logo 76 - Pemerintah resmi luncurkan tema dan logo untuk merayakan Indonesia Merdeka tahun 2021 lewat laman resmi Kementerian Sekretariat Negara RI, Kamis 17/6/2021. Menteri Sekretariat Negara (Setneg) dalam surat bernomor B-446/M/S/TU.00.04/06/2021 yang ditujukan kepada kepala kementerian/lembaga dan kepala daerah yang menyampaikan tema dan logo untuk digunakan dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

{tocify} $title={Table of Contents}

Meskipun dalam dua tahun kebelakang Indonesia dan dunia masih dirundung duka akibat Covid 19. Hal ini tidak mempengaruhi semarak merayakan hari ulang tahun Indonesia dengan penuh rasa syukur dan hikmat, diketahui dengan tema HUT Indonesia tahun ini adalah "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".

Selain tema yang diusung untuk lebih survive dalam menghadapi pertahanan perekonomian Indonesia dan melawan Covid 19, logo HUT Indonesia yang menggunakan font Lexend. Logo terdiri dari angka 76 dan huruf "TH" dibagian atas kanan dan tuisan tema dengan kombinasi warna merah hitam.

Logo HUT Indonesia disajikan dan dapat di unduh oleh masyarakat Indonesia di setneg.go.id dalam beberapa versi yaitu: AI, EPS, JPEG, PDF, PNG. Serta logo di desain dalam 2 versi, versi dengan tagline dan tanpa tagline.


Ulasan Logo HUT RI Ke-76

1. Logo hari ulang tahun kemerdekaan RI tahun 2021 ini merupakan visualisasi tema yang diusung, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Tema tersebut mendeskripsikan nilai ketangguhan, pantang menyerah, terus maju dan bersama-sama dalam menempuh jalan penuh tantangan.

2. Logo 76TH dideskripsikan sebagai stabilitas dan pembangunan, gerak dan pertumbuhan, ruang kebersamaan, persatuan dan harapan.

3. Identitas logo yang digunakan adalah logo grid, grid mengacu pada logo yang sudah ditetapkan pada logo-logo sebelumnya. Pilihan warna logo pun disamakan dengan semangat merah putih dengan tetap memberikan kesan sinergi warna hitam pada huruf "Indonesia Tumbuh".

4. Huruf Lexend diberikan sebagai huruf utama untuk semua aplikasi desain dan branding 76 tahun Kemerdekaan Indonesia. Lexend merupakan font bebas yang dapat diunduh bebas di Google Font.

5. Warna logo menggunakan CMYK, RGB dan Warna dasar dengan persentase warna merah C:4%, M:97%, Y:95%, K:0%; R:22, G:43, B:45; #e52b2d; warna hitam C:0%, M:0%, Y:0%, K:100%; R:35, G:31, B:32; #231F20; dan warna putih C:0%, M:0%, Y:0%, K:0%; R:255, G:255, B:255; #FFFFFF;

6. Logo hari ulang tahun kemerdekaan RI tahun 2021 ini menambahkan elemen grafis untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan yang terinspirasi dari ragam bentuk geometris dari logo yang didekonstruksi (dibongkar dan dipersatukan kembali) di media aplikasi lain.


Baca juga: Aplikasi Alternatif Pengganti Zoom untuk Kuliah Online dan Work From Home


Pesan

Sebagai media informasi, Komptik bangga dengan Indonesia dan logo untuk HUT RI ke-76 yang keren. Ajakan komptik untuk Indonesia, ayoo sahabat sematkan logo (badge) ulang tahun Indonesia di media atau sosial media kamu.

3 Comments

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

  1. Angka 6 nya terlihat agak patah ya mas, dan tumben2an ada aksen english menggunakan th di sana 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, sepertinya untuk angka aksen gridnya tidak di perhalus. Th-nya biar lebih mendunia dan ini usungan untuk Covid juga ☺️

      Delete
Post a Comment
Previous Post Next Post
Baca juga: