Cara Menghapus Domain yang Mudah

Baca juga:
Cara Menghapus Domain yang Mudah

KOMPTIK - Untuk para pemilik situs web ataupun blog, pasti sudah tidak asing lagi dengan Blogspot dan WordPress. Kedua platform tersebut menjadi pilihan favorit karena memiliki kelebihan dalam pengembangan penulisan, serta membesarkan blog atau web tersebut dengan memiliki domain sendiri supaya lebih bebas dalam mengasah kreatifitas dan mempunyai hak cipta.

{tocify} $title={Table of Contents}


Nah, khususnya bagi pemilik blog, mungkin Anda akan cenderung memilih Blogspot karena sederet kelebihan yang ditawarkan. Seperti interfacenya yang tidak rumit, user friendly dan begitu simple, membuat fitur-fitur yang dimiliki Blogspot begitu mudah dipahami dan dimengerti bahkan oleh pemula sekalipun. 

Pengguna juga bebas menentukan domain dengan brand sendiri, tentu saja dengan langkah-langkah yang sangat mudah dan dengan tutorial yang secara runtut, jelas dan detail sehingga pengguna tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. 

Situs web tersebut kemudian dapat dikembangkan untuk menjadi situs berjualan online, media branding suatu usaha ataupun untuk berbagi opini pribadi. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri terdapat banyak pemilik pasif web dan ingin menghapus web dan domainnya. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, tidak perlu khawatir dan risau tentang bagaimana cara menghapus domain, berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Poin Penting Sebelum Menghapus Domain

Sebelum Anda memutuskan untuk menghapus domain, maka ada beberapa poin penting yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Hal-hal di bawah ini penting untuk Anda pertimbangkan,Terlebih jika domain yang dimiliki sudah berumur cukup lama. Adapun poin yang perlu Anda perhatikan yaitu:
  • Hilangnya kesan kredibilitas dan profesionalitas yang selama ini Anda bangun.
  • Hilangnya pengunjung blog yang masih ramai dan setia mengunjungi.
  • Domain blog yang sudah tidak personalitas dan unik.
  • Reaksi pembaca setia blog Anda.
  • Branding serta interaksi dengan klien yang selama ini Anda bangun.
  • Konten-konten yang telah Anda buat selama ini akan hilang.
Semua poin-poin di atas, benar-benar harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menghapus domain secara permanen. Hal ini dikarenakan domain yang telah dihapus secara permanen tidak dapat digunakan kembali.


Cara Menghapus Domain

Setelah mempertimbangkan poin penting seperti di atas, dan tetap berniat untuk menghapus domain, itu berarti secara langsung Anda telah mengakhiri masa register domain dan akan mengakibatkan beberapa hal sebagai berikut:
  • Kini DNS tidak aktif lagi.
  • Pengunjung yang menggunakan domain Anda tidak akan menemukan situs yang dituju.
  • Setelah masa tenggang (pada umumnya 30 hari), maka nama domain yang tadinya Anda gunakan menjadi available dan dapat dibeli oleh orang lain.
  • Anda tidak dapat menerima email yang dikirim ke alamat email domain miliki Anda, termasuk penelusuran email.
Selain itu, Google Domains juga tidak akan memberikan feed back meskipun masa pendaftaran domain masih ada. Apabila Anda menggunakan platform atau layanan add-on seperti blog, Workspace, situs dengan hosting pihak ketiga maupun DNS kostum, Anda harus login pada setiap layanan serta mengelola akun secara langsung. Menghapus domain tidak dapat menghentikan langganan sekaligus jika Anda menggunakan jenis layanan yang telah disebut sebelumnya. 

Jika Anda masih ingin menghapus domain dan belum berubah pikiran, maka berikut panduan lengkap cara menghapus domain secara mudah:
  1. Silahkan melakukan login ke Google Domains atau dapat melalui link Google Domains - My domains.
  2. Selajutnya pilih nama domain milik Anda. Caranya, ketik nama domain Anda menggunakan huruf kecil tanpa perlu tambahan http atau www ataupun https, pada Field Domain Name.
  3. Jika sudah, pada Field Contact Email, masukkan alamat email Anda yang masih aktif, hal ini dikarenakan instruksi penghapusan domain akan dikirimkan melalui alamat email yang telah Anda masukkan tersebut.
  4. Pada bagian ini, Anda akan dihadapkan pada sebuah opsi yang berupa Would You Prefer to Be Contacted by Phone? Maka pilihlan NO.
  5. Langkah terakhir, klik Button Request Deletion of Existing G Suite Instance
Jika Anda sudah berhasil mengisi form di atas, silahkan tunggu beberapa saat hingga instruksi penghapusan domain akan dikirim ke email Anda. 

Untuk berjaga-jaga jika Anda berubah pikiran, maka dalam waktu 30 hari sejak penghapusan Anda akan diberikan kesempatan untuk memulihkan domain.

Alternatif Lain Tidak Menghapus Domain

Perlu Anda ketahui, terdapat alternatif lain yang dapat Anda lakukan tanpa harus menghapus domain, yakni mentransfer domain ke registrar lain. Proses pentransferan domain memerlukan waktu yang tidak sebentar, yakni dapat mencapai 5 hingga 7 hari. 

Selain itu, apabila Anda merupakan pengguna baru domain atau dengan kata lain baru membeli domain tersebut, maka Anda harus menunggu hingga 60 hari sebelum melakukan transfer ke registrar maupun pengguna lain, hal ini telah diatur ole ICANN.

Cara menghapus domain memang cukup mudah dan cepat, namun Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal penting sebelum memutuskan untuk melakukan hal tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
Baca juga: