Tips Memilih Font Yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Tips Memilih Font Yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Memilih Font Yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan - Ada banyak font yang tersedia untuk bisa digunakan dalam berbagai keperluan seperti membuat desain atau teks yang membutuhkan tampilan kreatif. Namun untuk yang awam tentang desain, memilih font bisa menjadi cukup membingungkan.

Melalui artikel ini, kita akan membahas tips-tips bermanfaat yang dapat membantu kamu memilih font yang tepat untuk digunakan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Tips Memilih Font

Ada beberapa tips memilih font Windows yang dapat kamu gunakan sebagai gambaran untuk memecah kebingungan, antara lain:

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Cari tahu dahulu kebutuhan kamu. Jangan sampai kamu memilih font yang tidak tepat sehingga pekerjaan kamu menjadi kurang optimal kualitasnya. 

Sebagai contoh, apabila kamu membutuhkan font untuk membuat CV maka hindari jenis font yang memiliki ukuran terlalu tipis, kecil dan tidak formal. Kamu bisa menggunakan font seperti Arial, Times New Roman ataupun Calibri untuk pekerjaan ini.

Namun apabila kebutuhannya adalah untuk membuat desain ataupun tipografi, mungkin hal sebaliknya yang kamu butuhkan. Hindari font-font yang terlalu formal dan pilihlah font yang dapat membuat desain kamu menjadi lebih hidup. Font jenis Script atau Serif rasanya cukup relevan.

 

2. Perhatikan Readibility Dari Font

Readibility adalah tingkat keterbacaan dari suatu tulisan. Untuk memastikan maksud dari teks yang tertulis dapat tersampaikan, maka font yang digunakan harus mampu terbaca. Oleh karena itu, jangan sampai kamu hanya memperhatikan estetikanya saja tetapi lupa untuk memberikan pengalaman membaca yang baik.


3. Hindari Kombinasi Yang Tidak Saling "Melengkapi"

Ada beberapa desain yang memuat lebih dari font tetapi gagal memberikan kenyamanan bagi orang yang melihatnya. Inilah maksud mengapa setiap kombinasi font yang digunakan harus mampu saling "melengkapi" satu sama lain.

Apabila kamu belum ada ide, cobalah mulai dengan menyadur dari referensi seperti desain milik orang lain yang menurut kamu ideal dan pelajari hingga kamu memiliki pola font kamu sendiri.


4. Pastikan Lisensinya Legal, Hindari Copyright!

Melansir dari Gubuk Pintar, setiap font ternyata memiliki beberapa jenis lisensi. Ini yang mengatur bagaimana kebijakan dalam pendistribusiannya, apakah dapat diunduh dan digunakan secara gratis atau berbayar.

Pastikan kamu sudah memahami lisensinya terlebih dahulu ya sebelum menggunakannya agar terhindar dari pelanggaran hak cipta. Tenang saja, saat ini sudah banyak situs download font gratis yang dapat membantu kamu menemukan font gratis dan legal untuk digunakan.


5. Install Font Secukupnya

Menginstall terlalu banyak font nyatanya dapat menyebabkan komputer/ laptop kamu menjadi ‘lemot’ karena kekurangan ruang penyimpanan. Jadi, pastikan kamu hanya memasang font yang memang sedang kamu butuhkan saja.

Seiring dengan mudahnya memasang dan menghapus font, hanya menginstall font yang sedang kita butuhkan saja tidak akan membuat kita sulit kok dikemudian hari karena harus bolak-balik menginstallnya.

Selama kamu memiliki file instalasi fontnya, proses ini akan mudah. Coba deh baca artikel Cara Install Font untuk mengetahui secara tepat bagaimana mudahnya proses memasang dan menghapus sebuah font.


Penutup

Nah, sampai disini kamu sudah pahamkan bagaimana memilih font yang tepat?

Semoga artikel tips memilih font Windows maupun Desain ini dapat membantu menjawab kebingungan kamu ya. Sekarang kamu bisa mulai memilih font yang tepat sesuai kebutuhanmu.

Apabila memiliki kebingungan ataupun hal yang butuh untuk diskusikan, silahkan tulis dikolom komentar ya.


Postingan ini dikirim oleh:
Erick (https://www.blogger.com/profile/00667956798688350656)
Menulis artikel yang solutif dan informatif seputar topik teknologi informasi yang meliputi Android, Blog, Media Sosial, Komputer, Game dan Internet.
IG (@gubukpintar), Twitter (@gubukpintar), Facebook (fb.com/gubukpintarblog)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Baca juga: