Cara Membuat Google Custome Search Engine (Pencarian Kustom Google) Blog Terbaru

Baca juga:
Cara Membuat Google Custome Search Engine (Pencarian Kustom Google) Blog Terbaru

KOMPTIK - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara yang telah diterapkan di blog Komptik yaitu Membuat Google Custome Search Engine (Pencarian Kustom Google). Tentu sebelum kamu berkunjung ke blog ini kamu sudah tahu apa itu Google Search Custome?

Ya, Google Search Custome adalah penelusuran atau pencarian sebuah atikel yang didukung langsung oleh pihak google untuk mengoptimalkan blog dan mengoptimalkan adsense. Sebenarnya saya sendiri baru menerapkannya karena ketertarikan melihat blog/ website yang saya kunjungi menggunakan Google Search Custome, dan juga melihat update dari adsense tentang iklan GSC di adsense.

Tidak lama-lama, mari disimak langkah Membuat Google Custome Search Engine (Pencarian Kustom Google) secara singkat.

Pertama
Silahkan kamu Sign in terlebih dahulu dengan masuk ke laman google search custome engine.

Kedua
Setelah masuk ke laman Sign in. Silahkan klik Sign in to Custome Search Engine atau pencarian kustom maka kamu akan diminta memasukkan url blog kamu.

Ketiga
Setelah mengisi form dengan nama URL Blog kamu dan selanjutnya klik Create. Kamu akan mendapatkan tampilan tab Control Panel Google Search Custome.

Keempat
Pada langkah selanjutnya setelah Control Panel, Kamu atur setting custome search engine dan setelah semuanya sesuai dengan blog Kamu silahkan klik search engine ID kamu. Jangan lupa catat IDnya dalam notepad atau media lain.
Cara Membuat Google Custome Search Engine (Pencarian Kustom Google) Blog Terbaru


Kelima 
Pada form Control Panel setelah catat ID kamu, selanjutnya untuk mengatur Search Engine Conding catat juga West European-1 (ISO-8859-1).

Keenam
Pada langkah ini kamu akan mengganti Layout sesuka kamu sesuai tampilan blog kamu. Layout yang disarankan adalah results only.
Sebelum memilih layout silahkan kamu klik tab menu kiri dashboard Look and feel. Pilih layoutnya dan Save & Get Code.

Ketujuh
Silahkan copas kode kamu yang terdapat di tab Get code for results ke laman statis blog kamu.
Cara Membuat Google Custome Search Engine (Pencarian Kustom Google) Blog Terbaru


Kedelapan
Untuk membuat halaman statis blog, kamu login ke blog kamu dan buat halaman. Laman baru dan pilih mode HTML, paste pada mode HTML halaman. Untuk judul halaman terserah yang kamu inginkan, misalnya: bisa cari, mesin pencarian, search, dan lainnya. Salin URL nama halaman yang sudah dibuat.

Kesembilan
Kerjakan dengan hati-hati dan teliti.

Kesepuluh
Setelah kamu membuat halaman statis blog dan menyalin URLnya sekarang silahkan copy kode berikut dan ganti dengan URL halaman blog kamu dan Search engine ID kamu. Berikut kode HTMLnya.
Note: Salin di notepad terlebih dahulu untuk editnya.
<form id='searchform' action=' Ganti Dengan Halaman Statis Blog Kamu'>
<input type='hidden' name='cx' value='Ganti Dengan Search Engine ID kamu' />
<input type='hidden' name='cof' value='FORID:10' />
<input type='hidden' name='ie' value='ISO-8859-1' />

Kesebelas
Selanjutnya buka edit HTML pada blogspot kamu, temukan kode seperti dibawah, atau jika template berbeda biasanya ada kode yang mirip dengan "form search" HTML.
<form class='gsc-search-box' expr:action='data:blog.searchUrl'>
Cara Membuat Google Custome Search Engine (Pencarian Kustom Google) Blog Terbaru


Kedua belas
Setelah kamu menemukan kodenya dilangkah sebelas, silahkan hapus kodenya dan ganti kode tersebut dengan kode dilangkah kesepuluh, kemudian klik simpan.

Ketiga belas
Pada langkah kedua belas kamu sudah berhasil membuat google custome search engine, untuk memastikannya refresh blog kamu dan klik pencarian pada blog.

Terakhir
Untuk membuat dan memasang Google Custom Search Engine memang agak sedikit ribet, namun jika kamu mengikuti langkahnya dengan teliti maka fitur ini bisa berjalan baik di blog kamu. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
Baca juga: