Skip to main content

Memulai Bisnis dengan Aplikasi Bisnis Plan

Memulai Bisnis dengan Aplikasi Bisnis Plan

KOMPTIK.ID - Selain sebagai karyawan tentunya seseorang juga mendambakan punya usaha sendiri. Usaha atau bisnis merupakan tolak ukur bisa dikatakan berhasil, itu juga yang mendasari di era digital ini banyak karyawan yang beralih ke bisnis disebabkan keinginan untuk lebih maju dan alih-alih tidak ingin bekerja sebagai karyawan selamanya.

Berdasarkan prinsip itulah bisnis sekarang mulai dipelajari banyak orang, mulai dari baca tentang bisnis, mencari tahu tentang bisnis kedepannya, hingga sampai bertanya langkah apa yang harus diambil dan bisnis apa yang bagus untuk di jalani?


Untuk memulai bisnis memang tidak mudah, apalagi mulai dari nol dan tanpa pengetahuan tentang bisnis itu sendiri. Akan tetapi ilmu bisnis banyak sekali, bagaimana mempelajari dan menjalankannya pun mudah jika kita punya niat dan usaha untuk mendapatkan hasil bisnis kita. Hal yang harus dipelajari untuk awal memulai bisnis salah satunya adalah dengan bisnis plan.

Bisnis plan hadir sebagai pedoman bagi sebagian orang sebelum memulai bisnis. Segala rincian target pasar, apa yang hendak dijual, sampai bagaimana mengembalikan modal biasa dituliskan dalam business plan. Rencana bisnis ini diproyeksikan agar seseorang bias lebih sistematis saat menjalankan startup bisnis.

Netpreneur, tak semua orang memilki waktu yang cukup untuk membuat business plan ini. Namun, menurut sebuah artikel dalam situs entrepreneur.com ada tiga buah aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu seseorang dalam menguraikan ide bisnis di dalam otak ke dalam sebuah business plan. Seseorang hanya perlu menyediakan informasi, kemudian aplikasi ini akan menjadikannya sebuah rencana.


Enloop

Ketika seseorang pertama memasukkan informasi tentang bisnis yang akan dijalankan, aplikasi Enloop secara otomatis akan memperlihatkan kemungkinan potensi penjualan, keuntungan, kerugian, serta cash flow. Selain informasi informasi tersebut, aplikasi Enloop juga menawarkan grafik penjelasan dengan elemen visual dalam materi. Output hasil dari rencana bisnis tersebut bisa diunduh dalam bentuk PDF. Enloop merupakan aplikasi berbasis website dan belum tersedia untuk format mobile, aplikasi Enloop bisa digunakan secara uji coba gratis 7 hari.


StratPad

StratPad merupakan aplikasi yang membantu entrepreneur untuk berpikir dan mengambil keputusan saat menjalankan sebuah bisnis, simulasi Stratpad di peruntukkan untuk yang baru mulai bisnis. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Alex Glassey, orang yang mendesain aplikasi StratPad. Dalam aplikasi StratPad ini, Alex Glassey menyediakan fitur how-to untuk menyediakan informasi tentang hal-hal yang sering ditanyakan seseorang saat pertama kali akan menjalankan sebuah bisnis.


Business Plan Premier

Aplikasi ini disediakan untuk para pengguna perangkat iPad. Tidak hanya membantu untuk membuatkan rencana bisnis dalam rincian struktur yang mendalam, Business Plan Premier juga menyediakan layanan untuk membantu penggunanya memperkenalkan rencana bisnisnya ke 3.000 investor yang tergabung dalam firma Ben Stein & Accredited Members Inc. Aplikasi Business Plan Premier ini juga membantu penggunanya untuk menuliskan pernyataan visi dan misi, deskripsi produk dan rencana pemasaran, analisis SWOT, serta mendefinisikan target pasar.


Aplikasi bisnis plan sekarang ditunjang dengan bentuk promosi digital, marketing digital lewat sosial media dan pengembangan bisnis antar link.


Terakhir, mulailah bisnis sejak muda, dengan memperhatikan target bisnis. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA:

Help Me Plend: Jika Sahabat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sahabat bisa memberikan donasi melalui Paypal dan download Apk dekstop Komptik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar