Skip to main content

Cara Mengatasi Komputer Lambat Disebabkan Oleh Hard Disk

Cara Mengatasi Komputer Lambat Disebabkan Oleh Hard Disk

Cara mengatasi komputer lambat sangatlah penting diketahui bagi para pengguna komputer. Sebab saat kinerjanya lambat bukan hanya waktu yang terbuang sia-sia, rasa jenuh dan pekerjaan tidak bisa selesai tepat waktu juga dapat dialami.

Ada beberapa sebab kenapa komputer mengalami penurunan kinerja yang ditandai dengan prosesnya yang lambat.  Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang tips dan trik cara mengatasi komputer lambat yang disebabkan oleh Hard Diks. 

Mungkin sahabat pernah mengalami ini. Komputer yang awalnya berjalan dengan normal, setelah di pakai beberapa minggu ternyata kecepatanya menjadi melambat alias lemot.

Cara Mengatasi Komputer Lambat Disebabkan Oleh Hard Disk

1. Hard disk yang penuh bisa menyebabkan komputer sahabat menjadi lambat, ada beberapa langkah untuk menyelesaikan masalah ini.

a. Yang perlu sahabat lakukan pertama kali adalah periksa kapasitas hard disk sahabat, apakah masih banyak ruang atau malah sudah hampir penuh?

Untuk memeriksa semua drive yang ada di hard disk sahabat bisa lakukan langkah-langakah berikut ini:
  • Yang pertama kali adalah buka Control Panel > Administrative Tool > Klik Computer Managament.
  • Pada jendela Computer Management yang telah terbuka lalu pilih Storage > Pilih Disk Management. 
Ditampilan ini semua drive akan terlihat dengan jelas berapa kapasitas yang masih kosong dan berapa yang sudah digunakan. Jika kapasitas hard disk sahabat sudah mulai penuh maka yang sahabat perlu lakukan.

2. Apabila kapasitas hard disk sudah mulai penuh maka anda perlu membersihkan hard disk (disk cleanup)  

Adapun cara untuk membersihkan hard disk ini dengan cara sebagai berikut. 
  • Masih tetap dari jendela Computer Management > pilih lah drive yang ingin anda bersihkan lalu klik kanan dan pilih Propertise.
  • Setelah muncul Jendela Propertise drive lalu pilih lah tab general dan Klik Disk Cleanup. 
Setelah anda Klik Disk Cleanup tunggulah beberapa saat nanti akan muncul tampilan Disk Cleanup. Apa bila sudah muncul tampilannya maka yang perlu anda lakukan adalah mencentang file-file yang tidak diperlukan agar di hapus atau delete oleh system, setelah itu klik OK.

Apabila langkah-langkah di atas telah di lakukan dan hard disk masih penuh, maka anda harus menghapus atau unistal program yang tidak terpakai lagi

b. Penyebab lainya adalah tatanan file pada hard disk tidak teratur hal ini juga bisa menyebabkan komputer kita menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasi hal ini anda perlu merapikan susunan hard disk anda, anda bisa lakukan dengan cara berikut.

  • Petama anda masuk ke Computer Management > Storage > Disk Defragmeter > PIlih drive yang akan di defrag > defragment. 

c. Penyebab Yang terakhir adalah error yang terjadi pada hard disk.

Untuk memperbaiki hard disk yang error anda bisa melakukan langkah-langkah berikut. 
  • Langkah yang pertama adalah klik kanan drive yang ingin anda perbaiki lalu pilih Propertis > pilih Tab Tool > Check Now > Aktifkan.
Demikianlah penjelasan tentang tips dan trik cara mengatasi komputer lambat disebabkan oleh Hard Disk. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa berikan saran dan komentar anda di bahwah ini ya.

BACA JUGA:

Help Me Plend: Jika Sahabat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sahabat bisa memberikan donasi melalui Paypal dan download Apk dekstop Komptik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar