Skip to main content

Cara Mengembalikan File Hilang atau Terhapus

Cara Mengembalikan File Hilang atau Terhapus


Cara mengembalikan data terhapus - Banyak orang mulai panik segera setelah mereka sengaja menekan tombol delete dan kehilangan file penting atau folder. Hal-hal menjadi lebih rumit jika Anda tidak sengaja menghapus file penting dari recycle bin. File yang hilang dapat terjadi karena salah satu kemungkinan di bawah ini:
  • File keliru dihapus.
  • File yang korup dan dihapus oleh scandisk.
  • Program lain menghapus file.
  • File adalah sandi dilindungi.

Namun Anda harus menyadari berbagai cara di mana data yang hilang dapat kembali ke dalam hard drive komputer Anda. Sebelum meninjau rekomendasi dan saran di bawah, pastikan bahwa file tersebut benar-benar telah dihapus, dalam beberapa kasus, file mungkin telah dipindahkan. Anda dapat mencari hard drive untuk file yang Anda yakini hilang dengan menjalankan menemukan atau mencari di komputer.

Mengembalikan File dari Backup

Jika file telah dibackup ke floppy disk atau media lainnya dianjurkan bahwa file dikembalikan dari cadangan jika file tersebut tidak dapat ditemukan.

Mengembalikan File dari Recycle Bin

Jika Anda menjalankan Apple MacOS, Microsoft Windows dan file yang telah dihapus baru ada kemungkinan bahwa file tersebut masih mungkin dalam Sampah atau Recycle Bin. Jika masih ada dalam daerah ini, maka file maih dapat dikembalikan. Secara default ketika file dihapus dalam Microsoft Windows, maka file itu otomatis dikirim ke Recycle Bin Windows.  

Dalam kasus itu harus dikembalikan jika file tersebut keliru dihapus. Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat diikuti untuk memulihkan file-file jika mereka keliru dihapus.
  1. Pergi ke Desktop di mana Anda dapat melihat ikon Recycle Bin.
  2. Klik dua kali pada ikon Recycle Bin untuk membuka jendela yang menampilkan semua file dalam Recycle Bin. Jika tidak ada file yang terlihat lompat ke paragraf di bawah.

Untuk mengembalikan salah satu item yang dihapus Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Sorot file yang ingin dikembalikan, klik kanan file tersebut dan pilih opsi Restore. Ini akan mengembalikan file dari lokasi asli itu dihapus.
  • Sorot file yang ingin dikembalikan, klik kanan file tersebut dan pilih Cut. Selanjutnya, beralih ke lokasi yang Anda ingin pindahkan item yang dihapus dan klik Paste.
  • Drag-and-drop  dari Recycle Bin ke folder yang Anda ingin untuk simpan.

Jika Recycle Bin kosong mungkin Anda telah mengaktifkan Windows untuk tidak mengirim file ke Recycle Bin atau lebih mungkin bahwa Recycle Bin telah dikosongkan oleh Anda atau orang lain yang menggunakan komputer. Jika file terlihat dalam Recycle Bin tapi bukan file lama Anda sedang mencari kemungkinan bahwa file yang lebih tua telah dihapus untuk membuat ruang untuk file dihapus lainnya.

Download program freeware atau beli program.

Ketika sebuah file dihapus (bahkan ketika dihapus dari Recycle Bin) file-file tersebut ditandai sebagai dihapus, namun tidak dihapus dari hard drive. Dengan asumsi tidak ada file lain memiliki ditimpa file yang dihapus pada hard drive program recovery dapat digunakan untuk mengembalikan file yang telah dihapus.

BACA JUGA:

Help Me Plend: Jika Sahabat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sahabat bisa memberikan donasi melalui Paypal dan download Apk dekstop Komptik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar