Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak “Plugged In, Not Charging“

views
Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak “Plugged In, Not Charging“

KOMPTIK - Pada kesempatan hari ini komptik akan membahas tentang cara memperbaiki baterai laptop yang rusak “Plugged In, Not Charging”. Mungkin kalian pernah mengalami masalah seperti ini yang kadang secara tiba–tiba pesan yang menunjukkan “Plugged In, Not Charging”, sebenarnya pesan ini mengartikan charging sudah masuk, tapi daya baterai tidak bisa diisi.

{tocify} $title={Table of Contents}

Ada beberapa tips dari komptik yang bisa kalian coba untuk memperbaiki masalah baterai laptop yang seperti itu. Silakan dicoba semoga saja masalah baterai bisa teratasi.

Tips Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak “Plugged In, Not Charging“

1. Dengan System Restore

Apabila sebelumnya laptop sahabat tidak mengalami hal seperti itu namun tiba–tiba saja pesan “Plugged In, Not Charging" itu muncul di lambang baterai kalian, maka cobalah untuk menggunakan system restore. System restore ini ialah merupakan fitur bawaan dari windows yang fungsinya mengembalikan settingan ke tahap normal seperti sebelum terjadinya kerusakan dan tanpa menghapus file pada laptop kalian.

Adapun caranya sebagai berikut : 
  • Klik Start – Cari dengan kata kunci atau bisa run system “System Restore“ 
  • Kemudian jalankan dengan memilih Restore Recommended  File System.
  • Kemudian klik Finish.

Langkah ini juga bisa diterapkan untuk mengatasi kerusakan pada laptop anda yang terjadi secara mendadak, biasanya  proses restore ini bisa memakan waktu yang lumayam lama. Tapi tidak masalah asalkan hasilnya sesuai dengan keinginan sahabat.

2. Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak Dengan Unistal Driver Baterai

Biasanya penyebab kerusakan baterai laptop seperti pesan diatas hanyalah masalah driver yang mengalami masalah tertentu, maka dari itu kalian bisa mencoba mengunistall driver baterai yang sedang bermasalah tersebut. Kemudian menginstalnya kembali.

Adapun cara untuk mengunistall drivernya sebagai berikut : 
  • Buka Start. 
  • Device Manager. 
  • Klik kanan pada Tab Menu Baterai. 
  • Kemudian pilih Unistal.

Setelah langkah telah kalian selesaikan semua kalian coba dengan cek kembali apakah indicator baterai masih menunjukan “Plugged In, Not Charging” atau tidak.

3. Cara mengatasi Baterai Laptop Yang Rusak Nge-Drop

Apa bila baterai laptop sahabat masih seperti itu setelah 2 langkah diatas sudah kalian lakukan maka bisa jadi baterai laptop kalian mengalami ngedrop.
 
Hal tersebut bisa terjadi oleh beberapa sebab antara lain, baterai laptop tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama dan kondisi baterai masih terisi daya, dan bisa juga baterai laptop digunakan ketika laptop sedang dicharge dan lain sebagainya. Untuk mengatasi baterai laptop yang rusak karena ngedrop sahabat bisa mencoba trik berikut ini.
  1. Lepaskan baterai laptop kalian tapi dengan syarat dengan keadaan baterai laptop dalam keadaan daya habis.
  2. Masukan baterai kalian kedalam plastik yang tebal, kemudian kalian ikat dengan rapat. Setelah itu masukanlah baterai yang dalam kondisi terbungkus plastik dan terikat dengan rapat kedalam kulkas.
  3. Diamkan baterai laptop kalian didalam kulkas hingga 2 – 3 hari, hal ini dilakukan agar baterai laptop mengembalikan ion–ionnya seperti sedia kala.

Kenapa komptik sarankan cara yang aneh ini? Karena saya juga pernah melakukan hal yang sama kepada baterai laptop saya, dan hasilnya cukup memuaskan, tips ini bisa diterapkan pada baterai yang mengalami drop parah.

4. Mengatasi Baterai Laptop Yang Rusak Dengan Cepat dan 100% Ampuh

Apabila cara diatas dirasa kurang cocok atau mungkin kurang maksimal, saya sarankan sahabat untuk membeli baterai laptop yang baru untuk laptop kalian. Dengan cara ini masalah yang terjadi pada baterai laptop yang kalian alami akan dengan cepat teratasi.

Demikianlah penjelasan tentang cara memperbaiki baterai laptop yang rusak “Plugged In, Not Charging“. Semoga bermanfaat.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS