Skip to main content

Cara Mengatasi Smartphone Yang Terkena Adware (2020)

Google Playstore disusupi Adware © Komptik.id 2020


KOMPTIK.ID - Akhir-akhir ini Google tengah melakukan inspeksi besar-besaran di aplikasi bursa Playstore dalam memberantas apps-apps ilegal yang ternyata menyisipi adware di dalamnya. Lebih dari 30 apps per hari ini 18 Juni 2020 berhasil dibekukan Google. Mayoritas apps yang terindikasi terdapat adware adalah jenis apps kamera dengan fitur beautification

Sebelumnya, mari kita bahas apa itu adware? Apakah sama dengan malware ataupun spyware? Atau bahkan tupperware? hehe...

Adware adalah salah satu jenis malware yang memfokuskan "gangguan-nya" berupa iklan. Iya, untuk para pengguna desktop atau PC pasti sudah tidak asing dengan malware jenis ini. Untuk pengguna PC biasanya terinfeksi karena tidak berhati-hati saat mengunduh file atau memasang adds-on pada browser. Yang mengakibatkan sering munculnya iklan secara tiba-tiba saat kita sedang berselancar di internet, bahkan mengganti homescreen dan search engine default yang kita miliki.

Nah, apa bedanya dengan adware pada smartphone, khususnya Android? Pada Android, adware ini sering disusupkan para developer nakal pada apps yang mereka buat. Membuat gawai kita terkadang memunculkan iklan secara tiba-tiba di saat kita menggunakannya, dan biasanya juga embuat smartphone kita menampilkan banyak notifikasi yang mengganggu. Selain gangguan itu, adware ini jika sudah terinstall pada smartphone, akan sangat sulit untuk dihapus, atau bahkan dideteksi. Beberapa adware juga disinyalir dapat meretas data pengguna, hingga data pembayaran kartu kredit loh!

CIRI-CIRI SMARTPHONE ANDA JIKA TERKENA ADWARE
  1. Sering muncul iklan tiba-tiba, padahal anda sedang main game, buka whatsapp, nonton video dll.
  2. Mesin pencari default anda berganti ke situs pencarian yang asing.
  3. Muncul aplikasi yang tidak anda install dan tidak dapat dihapus.
  4. Smartphone terasa laggy dan lemot.

CARA MENGATASI HANDPHONE YANG SUDAH TERLANJUR TERKENA ADWARE
  1. Menghapus aplikasi yang menjadi biang keroknya. Lihat daftar apps berbahaya yang sudah berhasil diberantas google di sini.
  2. Menginstall aplikasi antivirus pada android seperti Eset Mobile Security Anti Virus for Android, download aplikasinya di sini.
  3. Melakukan Factory Reset. Baik soft-reset atau hard-reset (Untuk pilihan ini, risiko ditanggung pemilik). Bisa kunjungi situs ini untuk mengetahui cara hard-reset segala jenis smartphone.
  4. Flash Ulang Smartphone dengan Stock Rom bawaan, bisa di cek website resmi masing-masing brand.

Demikianlah tips dan trik serta informasi seputar adware pada smartphone. Untuk selalu update artikel terbaru dari komptik.id, jangan lupa berlangganan newsletter kami ya.

Artikel by : @sundeeseeyou
 

BACA JUGA:

Help Me Plend: Jika Sahabat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sahabat bisa memberikan donasi melalui Paypal dan download Apk dekstop Komptik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar