Skip to main content

Label Undangan 103 Digital

Label Undangan 103 Digital

Komptik.id - Undangan digital di masa milenial seperti sekarang ini memang sudah menjadi kebutuhan bagi para pasangan. Selain itu undangan yang berbentuk digital juga terkesan sangat mewah dan ekonomis.

Undangan digital dibuat berdasarkan undangan fisik yang di cetak sesuai dengan desain aslinya. Selain undangan digital yang biasanya beriringan dengan desain dari gaya undangan, ada juga undangan bentuk video yang bisa di bagikan di sosial media. Tentunya teman juga akan lebih mudah ingat dengan momen hari baik kalian, karena pastinya akan selalu di simpan sebagai pengingat dibandingkan dengan undangan fisik yang biasanya akan sekedar diletakkan sembarang saja.

Undangan digital dan video undangan berpaduan dengan undangan fisik yang bergaya desain sama merupakan hasil keinginanan para pasangan untuk menyampaikan kabar baik kepada teman, sahabat, keluarga. Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang undangan digital pun semakin diminati para pasangan, tidak halnya dalam membuat undangan digital label undangan untuk di tempelkan ke undangan juga merupakan suatu kesatuan membagikan momen baik pasangan yang berbahagia.

Mengenal Tipe Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan merupakan bentuk ajakan informasi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, undangan pernikahan terdapat 3 tipe undangan yang kami jabarkan diantaranya :
Undangan Digital
Undangan Digital ialah undangan yang dibuat sesuai desain yang ditentukan oleh pasagan pada pihak jasa pembuatan desain undangan digital maupun hasil karya desain sendiri si pasangan.
Undangan Video Digital ialah video animasi undangan berdasarkan perjalanan pasangan sampai kepada pernikahan maupun video ucapan undangan yang di desain berdasarkan ke inginan atau kisah pasangan.
Undangan Fisik ialah desain undangan yang di cetak dalam bentuk kertas pilihan dan disesuaikan dengan konsep keinginan pasangan.

Membuat Label Undangan Pernikahan

Label undangan pernikahan umumnya bisa kita buat sendiri dengan ukuran (TOM AND JERRY 103) ukuran manual Ms. Word dan Ms. Excel. Berikut membuat label undangan pernikahan 103 :
Buka lembar Ms. Excel terlebih dahulu dan buat database list nama-nama yang akan diundang.
Label Undangan 103 Digital
Simpan dengan nama file DAFTAR UNDANGAN
Simpan di folder UNDANGAN

Selanjutnya buka lembar kerja Ms. Word kalian, Ms. Word 2010/2013. Kemudian pilih tab menu MailingsLabels
Label Undangan 103 Digital

Setelah itu akan muncul popup menu baru. Selanjutnya pilih tab menu Labels, Option, New Labels
Kemudian pada New Labels atur ukuran tampilan pengaturan labels undangan TOM AND JERRY 103, lihat gambar
Label Undangan 103 Digital

Note : Ukuran
Label Name : TOM JERRY 103 (atau bisa sesuai description kalian)
Top margin : 0,9 cm
Side margin : 0,2 cm
Vertical pitch : 3,8 cm
Horizontal pitch: 6,8 cm
Label height : 3,2 cm
Label width : 6,4 cm
Number across: 3 cm
Number down : 4 cm
Page size : Custom
Page width : 20,4 cm
Page height : 16,5 cm

Simpan label name dengan nama TOM JERRY atau sesuai keinginan kalian.
Jika settingan sudah selesai jangan lupa simpan klik OK.
Setelah itu untuk membuka label kalian tinggal klik nama TOM JERRY dan OK
Kemudian New Document
Selanjutnya nanti akan muncul file baru dengan format TOM JERRY.
Label Undangan 103 Digital

Memasukkan Data Excel kedalam Template Label

Tahap terakhir setelah kalian melakukan input database Ms. Excel dan membuat template label pada Ms. Word ialah menggabungkan dari keduanya, sebagai berikut :
Klik tab Mailings - Select Recipients - Use Existing ListMailings - Select Recipients - Use Existing List - Open List Excel
Label Undangan 103 Digital

Klik tab Mailings - Insert Marge Field - Pilih drop down nama
Label Undangan 103 Digital

Pada lembar kerja akan terdapat tulisan <<Nama>> Kemudian enter dan lanjut ulangi klik Mailings - Insert Marge Field <<Di>> Kemudian enter dan ulangi sekali lagi klik Mailings - Insert Marge Field <<Alamat>> sesuaikan tampilan pengaturan rata tengahnya sehingga akan terlihat seperti tampilan dibawah
Label Undangan 103 Digital

Pindah mouse ke rule sebelahnya, klik pada tab Mailings - Rules - Next Record. Ini berfungsi agar pada kolom kedua dan seterusnya data yang ditampilkan adalah data selanjutnya dari database excel secara berurutan. Setelah menambahkan Next Record, pada kolom kedua, sebelum kata nama akan terdapat kata <<Next Record>> dan setelah <<Next Record>> lakukan insert database dengan langkah ulang di tab Mailings - Insert Marge Field - Pilih drop down nama
Kemudian Copy kolom kedua dan pastekan di kolom selanjutnya serta sesuaikan rata tengan dan fontnya serta size font sesuai kolom satu.
Label Undangan 103 Digital

Untuk merubah nama menjadi sesuai database excel, caranya sebagai berikut; Klik Mailings - Finish & Marge - Edit Individual Documents pilih All kemudian OK. Apabila data pada lembar kerja Ms. Excel cukup banyak akan menyebabkan berat "Not responding" untuk beberapa saat. Jangan khawatir, kalian bisa tunggu sampai kembali normal dan hasilnya adalah data yang telah terexport siap dicetak.

Demikian Label Undangan 103 Digital. Semoga dapat dipahami.

BACA JUGA:

Help Me Plend: Jika Sahabat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sahabat bisa memberikan donasi melalui Paypal dan download Apk dekstop Komptik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar