Skip to main content

Cara Menghapus URL Halaman Blog Yang Terindex Di Google

Komptik.id - Untuk menghapus URL Halaman pada Blog baik itu di Blogspot maupun dari website Wordpress sebenarnya mudah dengan menggunakan WebMaster Tools. Akan tetapi hapus URL website pada halaman blog ataupun artikel blog yang sudah terindex google sangat disayangkan untuk di hapus.

Namun beralasan dari "sangat disayangkan itu" bagi sebagian para sahabat komptik mungkin mempunyai alasan yang kuat untuk menghapus URL blog yang sudah terindex oleh google, misalnya postingan yang ingin di edit dan sudah terlanjur URL masuk ke pencarian google, URL google yang sudah menjadi not found 404 karena di postingan atau halaman blog sudah sahabat hapus, ingin mendaftar google AdSense dengan URL yang bersih dari pelanggaran kebijakan AdSense sehingga terpaksa harus memperbaiki URL yang sudah terindex rusak. Atau yang paling banyak dialami sahabat yakni ingin menghapus URL yang sudah terindex google dikarenakan blog blogspot atau Wordpress sudah tidak dipakai lagi atau lebih buruknya sudah sahabat hapus blogspotnya (dengan keterangan Blog Sudah Dihapus) dan Mercusuar.

Berikut Cara Hapus URL Blog Yang Terindex Google :

Masuk menggunakan Google Webmaster Tool.

  1. Login langsung ke situs Google Webmaster Tool.
  2. Setelah sahabat masuk ke Google Webmaster Tool, kemudian klik menu Google Index disamping kiri laman dan pilih submenu Remove URLs. Selanjutnya klik Temporarily Hide dan copy URL postingan kalian yang ingin dihapus dan pastekan di Temporarily Hidenya, klik Continue.
  3. Setelah proses Continue, sahabat pilih dropdown menu Temporarily hide page from search result and remove from cache. Lalu klik Submit Request.
  4. Status penghapusan request selama kurang lebih membutuhkan waktu 12 jam - 24 jam dengan jeda Pending sampai benar-benar terhapus dari pencarian google. Disini sahabat bisa dengan sabar menunggu terlebih dahulu, jika URL sudah terhapus sahabat bisa cek kembali Google Webmaster Tool sahabat nanti akan berubah dari status Pending ke Removed.

Note. Untuk mengetahui status removed sahabat bisa buka kembali Google Webmaster Tool, ke menu Google Index - Remove URLs.

Masuk Menggunakan Google Remove Content.

Di login Google Remove Content ini sahabat bisa langsung memasukkan URL yang ingin dihapus dan tinggal klik Request Removal. Sampai tahap ini sahabat sudah menghapus URL milik sahabat yang tidak diinginkan di pencarian google, jika masih berstatus Pending sahabat tinggal tunggu sampai status menjadi Removed.

Sebagai contoh untuk pengecekan silahkan search URL berikut yang sudah komptik hapus, https://endarcv.blogspot.com/2015/11/about_18.html

Demikian Cara Menghapus URL Halaman Blog Yang Terindex Di Google. Semoga bermanfaat dan dapat mudah dimengerti untuk sahabat komptik yang membacanya.

BACA JUGA:

Help Me Plend: Jika Sahabat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sahabat bisa memberikan donasi melalui Paypal dan download Apk dekstop Komptik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar