Skip to main content

Belajar Mikrotik Sampai Mahir | Buku Mikrotik Kungfu

Belajar Mikrotik Sampai Mahir

Komptik.id - Layanan internet di era yang sudah serba digital ini sangat mudah sekali di jumpai, tidak hanya di tempat-tempat seperti kantor atau perumahan yang menggunakan layanan internet. Bahkan sudah sangat umum tempat rumah makan, mall dan atau sekarang di tempat olah raga pun sudah banyak sekali yang menggunakan layanan internet.

Sahabat komptik tau gak jika layanan internet ini menggunakan alat atau perangkat yang menghubungkan suatu internet ke komputer atau ke smartphone lainnya seperti Handphone, tablet dan laptop kalian?

Ya, bagi para teknisi jaringan tentunya sudah sangat familiar dengan nama semua perangkat pendukung untuk koneksi internet kalian. Sebenarnya perangkat untuk menghubungkan koneksi internet dari sebuah "layanan hosting" banyak jenisnya dan tipenya, contohnya mikrotik perangkat, hub, switch. Akan tetapi konfigurasinya biasanya yang paling sering digunakan yaitu dengan Mikrotik.

Mikrotik merupakan alat atau perangkat yang biasa di gunakan untuk sistem layanan jaringan internet. Mikrotik sendiri mempunyai konfigurasi yang bisa disesuaikan dengan kemauan si administrator jaringan untuk mendistribusikan internet ke perangkat-perangkat digital.

Konfigurasi atau yang lebih kita dengar adalah setting/ setup internet mulai dari seberapa kapasitas internet yang di bagikan ke setiap perangkat, misalnya server, komputer, laptop, serta device Handphone maupun tablet dengan setup wifi di beberapa tempat rumah makan atau tempat-tempat nongkrong anak milenial.

Lalu apa yang harus di persiapkan?
Selanjutnya bagaimana cara membuat suatu jaringan?
Kemudian bagaimana cara mengkonfigurasikan suatu jaringan lewat software mikrotik?

Untuk persiapan seharusnya tidak banyak dan tidak begitu sulit untuk sahabat yang masih duduk di bangku sekolahan atau duduk di bangku perkuliahan, hehe. Pertama yang harus di persiapkan adalah niat mau belajar

Selanjutnya untuk dapat membuat suatu jaringan tentunya disini kita harus tau dulu caranya dan mengetahui perangkatnya.

Kemudian caranya kalian bisa googling ke internet, tanya-tanya guru, dosen, teman-teman kalian yang sudah mahir dengan cara mngkonfigurasikan jaringan internet lewat layanan penyedia jasa internet (Internet Service Provider).

Nah, untuk itu jika sahabat yang ingin terjun menjadi networking technical engineer Buku Mikrotik Kungfu bukukita mungkin bisa menjadi cara dasar sahabat Belajar Mikrotik Sampai Mahir.

Buku Mikrotik Kungfu pun pernah mengiringi komptik dalam belajar utak atik internet.
Buku Mikrotik Kungfu terdapat 4 edisi atau penulis bukunya menyebutkan dalam seriesnya ada 4 kitab dalam Mikrotik Kungfu, serta terdapat versi terbarunya dari kitab 1 di edisi 2019.

Mengulas kitab-kitab dalam Buku Mikrotik Kungfu

MikroTik Kung Fu Kitab 1
Belajar Mikrotik Sampai Mahir


Buku ini mengulas tentang Router MikroTik dikenal sebagai router yang irit hardware, memiliki banyak filtur, mudah dikonfigurasi (user friendly) dan dapat diinstall pada PC (Personal Computer). Untuk mendapatkannya dalam bentuk dedicated router pun, Sahabat tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam seperti router Cisco. Selain itu buku ini ditulis secara khusus untuk para pemula yang ingin menggunakan Router MikroTik dalam jaringan yang sedang dibangun namun bagi yang sudah menggunakan Router MikroTik sekalipun, Sahabat tetap dapat menggunakan buku ini untuk memperdalam ilmu MikroTik sahabat.
Mikrotik kungfu kitab 1 ini juga membahas konfigurasi yang ditujukan untuk membagi koneksi Internet di jaringan LAN. Secara garis besar teknik-teknik konfigurasi yang akan dibahas adalah sebagai berikut:

  • Konfigurasi dasar (Port Switch, IP Address. Masquerade, NTP, Torch, MAC/IP Scan)
  • Firewall (Masquarade, Filter, chain input, chain forward, Address List)
  • Web Proxy (Access Cache Access, Traffic Filter, Transparent maupun External Proxy)
  • Queue Simple (Parent, Packet Mark, Priority maupun perhitungan Burst)
  • HotSpot Gateway (Access Point, Simple HotSpot, Walled-Garden, User Pro File)

Tambahan yang dibahas juga mengenai konfigurasi DHCP Server/Client, penggunaan FlashDisk dan USB Modem pada Router MikroTik serta konfigurasi-konfigurasi Scripting yang memungkinkan otomatisasi dan penjadwalan (Schedulter)

MikroTik Kung Fu Kitab 2
Belajar Mikrotik Sampai Mahir


MikroTik Kung Fu Kitab 2 ini lanjutan dari kitab 1 yang akan menyuguhkan konfigurasi-konfigurasi berbagai skenario jaringan skala kecil sampai menengah yang di khususkan untuk konfigurasi Firewall dan DHCP Server.
  • Static Routing (Lond Balance dan Fail Over)
  • DHCP Server yang disertai DHCP Alert dan DHCP Relay
  • Teknik Brige, Ethernel Over IP (EoIP) dan kombinasi EoIP dan Static Routing
  • Firewall, NAT, Destination NAT dan Mangle
  • Wireless Network (Point to Point, Point to Multi Point, Wireless Brodge dan Virtual Access Pont)

MikroTik Kung Fu Kitab 3
Belajar Mikrotik Sampai Mahir


MikroTik Kung Fu Kitab 3 ini merupakan kelanjutan dari buku MikroTik Kung Fu Series. Untuk MikroTik Kung Fu 3 ini, pembahasan akan difokuskan pada manajemen bandwidth. Untuk Kitab 3 ini, pembahasan akan difokuskan pada beberapa hal, yaitu:

  • Konsep Quality of Service (QoS)
  • Packet Flow Diagram RouterOS v6 dan v5
  • Classification dan marking packet, disertai fitur content dan L7 Protocol
  • Manajemen bandwidth dengan Simple Queue maupun Queue Tree
  • Penggunaan Per Connection Queuing (PCQ) sebagai salah satu metode queue selain First-In First-Out (FIFO)
  • Konfigurasi queue saat jaringan menggunakan Internal Web Proxy maupun External Web Proxy

MikroTik Kung Fu Kitab 4
Belajar Mikrotik Sampai Mahir


Router MikroTik merupakan router yang powerfull karena dapat menjalankan routing static maupun dynamic. Kemampuannya meliputi implementasi routing internal suatu organisasi maupun implementasi routing antar organisasi (routing antar Autonomous System). Untuk urusan load balancing, Router MikroTik sanggup menerapkan per packet load balancing, per connection load balancing maupun per address pair load balancing.

Buku lanjutan Mikrotik series membahas implementasi routing maupun load balancing yang mampu dilakukan Router MikroTik. Untuk Kitab 4 ini, pembahasan akan difokuskan pada beberapa hal, yaitu :
  • Konsep Routing dan Load Balancing
  • Static Routing
  • OSPF (Single Area maupun Multi Area)
  • Border Gateway Protocol (Non-Transit AS).
  • Equal Cost Multi Path (ECMP)
  • Policy-Based Routing (PBR)
  • Nth
  • Per Connection Classifier (PCC)

Mikrotik Kung Fu : Kitab 1 (Edisi 2019)
Belajar Mikrotik Sampai Mahir


Buku ini series Ke-3 dari buku 2016 dapat digunakan untuk pemula Router MikroTik dan untuk sahabat yang sudah sering menggunakan Router MikroTik.

Adapun acuan dari materi di buku ini adalah bahan sertifikasi MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) dan isian buku berisi konfigurasi-konfigurasi Router MikroTik, namun tetap membahas dasar teori yang berkaitan dengan konfigurasi.

  • Konfigurasi dasar Router MikroTik; Internet dan Konfigurasi DHCP Server
  • Konfigurasi Wireless Network; Membangun jaringan (Hotspot atau WiFi), mengaktifkan fitur security di jaringan wireless dan pemanfaatan fitur Virtual Access Point
  • Konfigurasi Hotspot Server (page login atau landing page)
  • Konfigurasi Manajemen Bandwidth dengan menggunakan Simple Queue, sehingga komputer user dapat berbagi bandwidth Internet secara wajar dan adil.

Demikian Belajar Mikrotik Sampai Mahir | Buku Mikrotik Kungfu. Semoga bermanfaat dan dapat dimengerti untuk sahabat komptik yang membacanya.

BACA JUGA:

Help Me Plend: Jika Sahabat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sahabat bisa memberikan donasi melalui Paypal dan download Apk dekstop Komptik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar