Cara Input, Edit, Save File Hosts Dengan Command Prompt (CMD)

Konten [Tampil]
Apakah sahabat pernah mengalami error atau pesan don't connect to server pada saat membuka browser dengan salah satu alamat url? Namun jika kalian cek pada internet jaringan sahabat sudah benar dan bisa digunakan ke alamat browser lain, sebagai contoh sahabat ingin membuka aplikasi buatan sahabat (tidak bisa di akses) dan perbadingan dengan google (bisa diakses)
Dari kasus diatas bisa jadi IP pada aplikasi buatan sahabat belum dimasukkan ke hosts jadi DNS tidak terbaca.

Kali ini komptik memberikan hasil analisa dalam menangani jika terdapat kasus yang sama dengan kami, salah satunya dengan mencari letak host pada system operasi, edit host dan save file hosts yang sudah di edit dengan menggunakan CMD (Command Prompt)

Apa itu hosts/file hosts?
File hosts adalah file text yang berada pada system operasi, yang merupakan text-text dan biasanya untuk memetakan IP ke hostname. File host yaitu sebuah file text biasa (plan-text) dan nama filenya dinamakan dengan "hosts".

Kegunaan.
File hosts ialah salah satu fasilitas dari beberapa operasi di dalam sistem untuk membantu dalam menangani  pengalamatan titik (nodes) pada jaringan komputer. Hosts ini merupakan bagian dari sebuah implementasi yang terindek oleh sistem operasi Internet Protocol (IP), dan melayani fungsi menerjemahkan nama host yang dipahami manusia (human-friendly hostnames) ke alamat protokol numerik, yang disebut alamat IP, yang mengidentifikasikan dan menemukan host dalam sebuat jaringan IP.

Dalam beberapa sistem operasi, isi file hosts digunakan atas metode yang lain, seperti Domain Name System (DNS). Tetapi banyak sistem menerapkan name service switches (misalnya: nsswitch.conf) dalam technical engineer ini bisa dipakai untuk menyediakan kustomisasi. Berbeda dengan Domain Name Server (DNS), file hosts baris-baris (komandonya) berada dibawah kontrol langsung administrator komputer lokal.

Isi File.
File hosts berisikan baris-baris teks yaitu yang terdiri dari alamat IP dalam text pertama diikuti oleh satu atau lebih hostname. Setiap field dipisahkan oleh spasi. Baris komentar di dalam hots bisa dimasukkan dengan cara menambahkan karakter hash (#) diposisi pertama baris tersebut. Berikut adalah contohnya:
Input, edit, save file hosts

Cara input, edit, save file hosts dengan Command Prompt (CMD).
Ketikan CMD pada start windows (untuk OS selain windows bisa berbeda).
Klik kanan Run as administrator.
Input, edit, save file hosts

Kemudian pada popup command prompt sahabat ketikan perinteah berikut:
C:\Windows\System32>cd drivers
C:\Windows\System32\drivers>cd etc
C:\Windows\System32\drivers\cd etc>notepad hosts
Input, edit, save file hosts

Kemudian di tampilan notepad hosts sahabat bisa menambahkan atau merubah IP.
Contoh: 10.11.12.200    namadomain
lalu bisa save langsung.
Input, edit, save file hosts

Sekarang coba jalankan atau buka url yang ingin sahabat jalankan pada browser sahabat.

Demikian hasil cara komptik dengan kasus menangani URL tidak bisa di akses pada browser.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Input, Edit, Save File Hosts Dengan Command Prompt (CMD)"

Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.


Tambahkan aplikasi Komptik. di smartphone tanpa install, buka Komptik. dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Komptik. dari layar utama smartphone Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel