Tolong! Akhirnya Aku Tahu Perbedaan Nintendo Switch dan Lite

views
Tolong! Akhirnya Aku Tahu Perbedaan Nintendo Switch dan Lite

KOMPTIK - Apakah kamu pernah bermain nintendo? Tahukah kamu perbedaan nintendo switch dan lite? Ya, nintendo merupakan konsol game pertama dan terus berkembang dengan versi terbarunya hingga kini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pada akhir 2021 nintendo merilis anggota ketiga dari switch dengan model OLED. Konsol game versi ini mempunyai tampilan yang ditingkatkan dan dock baru. Sedangkan versi lite lebih kecil dan portable karena hanya untuk perangkat genggam.

Lantas apa perbedaan dari kedua konsol tersebut? Yuk, simak detailnya sebagaimana yang sudah dikutip disini.

Perbedaan Nintendo Switch dan Lite

Perbedaan nintendo switch dan lite yang paling mendasar adalah penggunaan dari setiap switch. Nintendo switch standar dapat digunakan baik terhubung ke televisi ataupun layar lain pada dock yang disediakan sebagai perangkat genggam atau berdiri di atas meja mengguanakn layarnya sendiri. Sedangkan lite hanya dapat digunakan sebagai perangkat genggam.

Karena hanya untuk perangkat genggam, lite tidak memiliki kontrol Joy-Con yang dapat dilepas pasang. Beda halnya dengan switch standar, switch memiliki Joy-Con yang dapat dilepas dan digunakan secara nirkabel dengan unit switch utama ke TV serta dapat disambungkan kembali ke konsol sebagai perangkat genggam.

Selain perbedaan mendasar nintendo switch dan lite, beberapa perbedaan yang paling menonjol untuk kamu ketahui dari konsol game nitendo yakni:

1. Harga Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite

Nintendo switch lite ditargetkan untuk pasar harga beli konsumen terbatas dari segi bujet. Konsol game portabel ramah kantong dijual dengan harga $199 atau sekitar Rp 2,8 jutaan di Indonesia. Lebih murah dari harga nintendo switch yang dijual dengan harga $299 atau sekitar Rp 4 jutaan. Karena lebih murah tentu saja ada beberapa fitur yang berkurang dari versi orisinilnya.

2. Dimensi Ukuran dan Berat

Perbedaan yang paling terlihat dari nintendo switch dengan switch lite yakni ukurannya. Ukuran switch lite lebih kecil dari switch versi standar. Nintendo switch mempunyai dimensi dengan ukuran lebar 9.4 inci, tinggi 4 inci, dan tebal 0.55 inci. Sedangkan, switch lite mempunyai dimensi dengan lebar 8.2 inci, tinggi 3.6 inci, dan tebal 0.55 inci. Ukuran lebih kecil juga membuatnya lebih ringan digenggam. Versi lite punya berat hanya 270 g, lebih ringan dari versi orisinil yang seberat 400 g.

3. Ukuran Layar

Nintendo switch versi standar dibekali layar seluas 6.2 inci, dan switch lite punya ukuran layar lebih kecil yakni 5.5 inci. Kedua perangkat ini memiliki resolusi layar HD 1280 x 720 piksel dan juga sama-sama menggunakan panel layar sentuh LCD. Secara ukuran, layar switch lite memang terlihat lebih mirip seperti layar smartphone pada umumnya.

4. Controller dan Aksesoris

Perbedaan Nintendo Switch dan Lite yang paling signifikan adalah controller serta aksesoris pendukungnya. Dimana nintendo switch lite tidak punya kontroler Joy-Con, kontroler game langsung di-attach ke perangkat dan tidak bisa dilepas pasang. Secara otomatis switch lite tidak support HD Rumble dan IR Motion Camera karena tidak adanya Joy-Con. Tidak hanya itu, dalam paket pembelian kamu juga tidak mendapatkan Nintendo Switch Dock. Dengan begini, kamu tidak bisa hubungkan switch lite ke televisi melalui dock atau HDMI.

5. Mode Pemakaian

Mode pemakaian otomatis yang bisa digunakan di switch lite lebih terbatas karena tidak adanya Joy-Con sehingga perangkat ini hanya bisa dipakai dalam mode handheld saja. Tidak seperti versi switch yang bisa dipakai dalam 3 mode, yakni TV Mode, Tabletop, dan Handheld.

6. Kapasitas Baterai dan Daya Tahan

Nintendo switch lite dibekali baterai berkapasitas 3570 mAh, lebih kecil sedikit bila dibanding switch standar yang kapasitas baterai sebesar 4310 mAh. Meskipun demikian, hal ini yang menjadi kelebihan nintendo lite yakni memungkinkan konsumsi daya lebih efisien dengan ukuran layar lebih kecil dan tidak mendukung Joy-Con untuk koneksi wireless. Saat dicoba bermain game The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Lite daya baterai tahan hingga 4 jam, sementara switch standar hanya mencapai 3 jam saja.

7. Pilihan Game Nintendo Switch dan Switch Lite

Nintendo switch bisa memainkan semua judul game yang disematkan untuk nintendo switch. Sedangkan untuk versi Lite, hanya bisa memainkan game nintendo switch dalam mode handheld saja. Nintendo lite tidak bisa memainkan game yang mendukung dimainkan dalam mode tabletop dan TV mode. Untuk memudahkan dalam mencari game yang kompatibel dengan switch lite, kamu bisa mencari game dengan ikon mode Handheld. Selain itu, karena tidak punya Joy-Con, nintendo lite tidak bisa dimainkan berdua di satu perangkat jika beli nintendo switch versi yang lebih ringkas ini.

Nintendo Switch dan Switch Lite, Mana Lebih Baik?

Sudah dipastikan bermain konsol game nintendo memang sangat menyenangkan dan salah satu yang paling favorit. Sebagai pilihan akhir, nintendo lite baru jauh lebih ringkas dan dengan pengurangan fitur diluncurkan khusus untuk kamu yang ingin main game nintendo bujet terbatas. Semua game switch bisa dimainkan di logo Handheld mode. Kekurangan yang cukup terasa di lite adalah tidak punya Joy-Con sehingga tidak bisa dimainkan berdua bareng teman. Tetapi lite juga tetap memiliki kelebihan yakni layar lite lebih kecil dan lebih mirip layar smartphone dibanding layar konsol game portabel.

Itulah perbedaan Nintendo Switch dan Lite. Namun jika harus memilih tentu pilihannya tetap di kamu, kalau kamu lebih senang untuk main sendirian, silahkan beli Nintendo Lite. Tetapi kalau mau konsol game portabel yang bisa dimainin berdua, silahkan nabung lebih lama agar bisa beli Nintendo Switch yang harganya lebih mahal.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS