6 NAS Storage Terbaik untuk Perlindungan Keamanan User Data

views
6 NAS Storage Terbaik untuk Perlindungan Keamanan User Data

KOMPTIK - Mengingat data user rentan akan kehilangan, penggunaan NAS storage terbaik sangat disarankan pada pengguna. Kehilangan data biasa disebabkan oleh kapasitas penyimpanan yang tidak memadai sehingga memungkinkan penempatan data pada banyak device.

{tocify} $title={Table of Contents}

Selain beresiko kehilangan data, penggunaan banyak device tentunya cukup menguras waktu dalam pekerjaan. Sebagai contoh, ketika ingin copy data alhasil data yang tersimpan berada di beberapa storage device terpisah sehingga copy harus mengulang dari device yang ada.

NAS Storage Terbaik

Seperti yang diketahui NAS Storage Terbaik bukanlah satu-satunya penyimpanan data, ada beberapa jenis seperti FD (Flashdisk), HDD (Hard Disk Drive), SSD (Solid State Drive), MicroSD, dan sebagainya. Namun dari jenis tersebut, NAS paling bisa diunggulkan untuk hal penyimpanan data serta keamanannya terjamin.

Untuk itu, yuk simak apa itu nas dan keuntungannya? Serta rekomendasi NAS yang baik dalam penggunaan sehari-hari.

Apa itu NAS Storage?

NAS adalah perangkat penyimpanan cerdas yang terhubung dengan jaringan kantor atau rumah dan memungkinkan berbagi data dari lokasi terpusat untuk satu jaringan heterogen yang sah.

Sistem NAS juga fleksibel dan konfigurasinya terukur, sehingga saat kamu memerlukan penyimpanan tambahan maka dapat menambahkannya ke perangkat yang kamu miliki.

Jika kamu berminat untuk membeli NAS, maka kamu harus memperhitungkan keuntungan maupun beberapa cara untuk memilih NAS sesuai kebutuhan. 

Keuntungan Memiliki NAS

Diantara cloud dan local storage, NAS merupakan satu media yang paling banyak diminati. Salah satu sebab NAS paling banyak diminati yaitu dari beberapa keuntungannya, antar lain:
  • Sebagai Tambahan Storage
  • Memudahkan Kolaborasi
  • Jaringan Cloud dan Tetap Privat
  • Jaminan Perlindungan Data
  • Backup Data Otomatis
  • Pengaturan yang Mudah

Rekomendasi NAS dalam Penggunanaan Sehari-hari

NAS storage terbaik memiliki banyak variasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan keuangan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa rekomendasi NAS untuk membantu kamu dalam penggunaan sehari-hari.

TERRAMASTER F2-210

TerraMaster memiliki gaya yang relatif sederhana untuk desain kotak NAS pada bagian depan dengan satu tombol daya di sebelah kiri, empat LED indikator, dan di sebelah kanan terdapat dua kotak drive yang dapat menerima drive 2,5 atau 3,5 inci.

Bukaan untuk storagenya menggunakan mekanisme pintu berengsel, dan drive dipegang dengan sekrup yang disertakan dalam kotak.

Pada bagian belakang terdapat saluran masuk daya untuk PSU berdaya laptop kecil, satu port LAN Gigabit, serta dua port USB 3.0. Dengan dua drive dan bandwidth dari satu Gigabit LAN, TerraMaster F2-210 sangat ideal untuk penggunaan di rumah atau kantor kecil.

Menggunakan teknologi Realtek ARM 64-bit modern dengan konektivitas ke memory DDR4L serta teknologi chip saat ini yang dikombinasikan dengan OS berbasis Linux mampu memberikan solusi fleksibel yang dapat dibeli oleh sebagian besar pengguna. Jika kamu memerlukan kotak NAS kecil untuk rumah atau bisnis, maka NAS ini bisa dipertimbangkan.

Harga Rp. 3.000.000 - Rp. 6.990.000

SYNOLOGY DISKSTATION DS220+

Synology diskstation DS220+ memiliki desain yang minimalis. Rancangan bodi yang sangat kokoh dan dimensi ringkas dengan bagian depan terdapat panel penutup berbahan plastik. Pada sisi kanan tersedia tombol power, tombol copy, dan satu port USB 3.2 Gen 1.

NAS dari Synology ini juga cukup mudah dalam pengguanaan, untuk mengakses dua slot bay tempat pasang hard disk bisa dengan cara melepas panel penutup di bagian depan. Memiliki sistem operasi terbaru DiskStation Manager (DSM) 7.0 update yang merupakan sistem operasi berbasis web. Oleh karena itu, dapat langsung kamu gunakan lewat web browser di ponsel, tablet atau PC.

Synology diskstation DS220+ menggunakan prosesor Intel Celeron J4025 dengan sistem RAM yang dibawanya 2GB onboard serta tersedia satu slot RAM tambahan maksimum 4GB. Fitur menarik lain dari DS220+ yaitu hadirnya dukungan USB Copy.

Kamu hanya perlu menancapkan flashdisk, hard disk/ SSD portable, atau pembaca kartu memori di port USB bagian depan. Kemudian tekan tombol C dan proses backup akan langsung berjalan. Fitur ini sangat ideal untuk melakukan backup data secara cepat.

Harga Rp. 5.400.000 - Rp. 6.625.000

WD MY CLOUD EXPERT SERIES EX2 ULTRA 8TB (WD Red NAS Hard Drive)

WD menggunakan drive seri Red yang dilengkapi dengan dua hard drive berukuran sama yakni tinggi 165mm, lebar 99mm, dan kedalaman 157mm.

Secara ukuran memang sangat ringkas untuk setara perangkat dua rongga. Bagian atas dan bawahnya ditutupi dengan panel plastik berventilasi warna hitam. Bagian belakang juga di desain sama memiliki panel ventilasi berlubang, meskipun sebenarnya tidak ada ventilasi karena hanya sebuah pola.

Panel I/O kecil yang dilengkapi satu konektor Ethernet gigabit, dua port USB 3.0, dan input DC 12v dengan koneksi jaringan DHCP detail IP yang diperlukan.

Harga Rp. 5.399.000 - Rp. 6.300.000

DROBO B800I NAS ISCSI

Drobo mengklaim B800i SAN mereka merupakan array iSCSI yang sangat mudah digunakan di pasaran. Mengaktifkan serta menjalankan B800i semudah menyambungkan kabel data serta daya sesuai, menggeser susunan drive kamu, serta menjalankan aplikasi penyiapan pada sistem host kamu.

Fitur yang lain adalah pembuatan volume yang cepat, dukungan kegagalan drive tunggal ataupun ganda, serta kit pemasangan rak opsional. Jika terjadi kegagalan unit Drobo, drive bisa ditarik serta dipindahkan ke Drobo lain untuk dukungan proses secara cepat. 

Harga Rp. 8.500.000 - Rp. 11.900.000

SYNOLOGY DISKSTATION DS920+

Synology diskstation DS920+ dirancang untuk kinerja yang cukup baik, dilengkapi dengan CPU 4 core Intel Celeron J4125 serta RAM DDR4 4GB up to hingga 8GB.

Synology diskstation DS920+ didukung oleh DiskStation Synology Manager (DSM). Dengan manajer perangkat, memungkinkan untuk berbagai penggunaan termasuk manajemen multimedia lengkap, streaming, dan pemutaran maupun simpan data.

Harga Rp. 8.830.000 - Rp. 14.999.000

SYNOLOGY DISKSTATION DS218+

Synology diskstation DS218+ ini menggunakan casing berbahan plastik warna hitam. Bagian rangka dalamnya menggunakan bahan metal sehingga dapat menahan dua hard disk secara bersamaan. Tersedia penutup dengan bahan plastik pada bagian sisi depannya.

Pada bagian belakangnya terdapat sebuah kipas dengan dimensi 92 x 92 mm yang dapat membuat dua hard disk didalamnya ini tidak kepanasan. DS218+ sudah memiliki sistem operasi buatan yang memudahkan pengguna untuk melakukan setting NAS.

Sistem operasi berbasis Linux, saat ini sudah dipakai di semua perangkat termasuk smartphone dan tablet.

Harga Rp. 4.350.000 - Rp. 6.376.860

Jasa Setting NAS

Jika kamu ingin menggunakan NAS rekomendasi ini, beberapa diantaranya harus dilakukan installasi baik sistem operasi maupun tools lainnya. Kamu dapat melakukannya sendiri atau dengan menggunakan jasa setting NAS storage terbaik.

Dengan menggunakan jasa tersebut kamu tidak perlu repot atau kebingungan untuk menginstal dan setting lainnya. Jasa setting NAS ini dapat membantu kamu menginstal dan mengkonfigurasikan NAS server. Selain itu dengan menggunakan jasa setting NAS kamu dapat menggunakan product dan hal maintenance NAS server.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS